Agheelz Go Blog

Hai. Selamat datang di Agheelz Go Blog. Blog ini berisi tulisan-tulisan saya, beberapa sumbangan tulisan lain dari teman-teman, saran atau ide atau pendapat dan dari kumpulan hasil berburu berita. Karena saya juga senang memotret, saya juga tampilkan hasil memotret itu kedalam blog saya. Kritik atau saran atau ide saya terima dengan tabah.

Thursday, May 31, 2012

Mau tulis status di facebook via apa?

     (https://apps.facebook.com/ikandaaaffacda/)

     Semenjak facebook mendunia, banyak diantara pengguna yang merasa bosan dengan isi facebook yang terkesan monoton. Monoton artinya hanya mengomentari foto, video, note, tautan, atau status teman. Lalu berangsur facebook dapat diakses melalui telepon genggam. Jika membuat status melalui telepon genggam maka status itu akan terbaca via mobile. Inilah yang membangkitkan gairah para pembosan facebook itu. Pengguna facebook yang bosan ini rata-rata orang yang bergerak di bidang teknologi informasi, para pendisain situs sampai pehobby utak-atik bahasa program.
     Lalu pada tahun 2009 seorang pengguna facebook membuat status via Telepon Umum. Kok bisa? Ternyata itu adalah aplikasi yang diterapkan ke facebook. Penasaran saya dengan aplikasi tersebut lalu saya kontak pembuatnya. Dia adalah Bayu seorang mahasiswa program IT dari Universitas Gunadarma. Setelah terjalin komunikasi akhirnya saya bertanya bagaimana caranya membuat aplikasi seperti itu. Dengan ramah Bayu menjelaskan panjang lebar sampai mempersilahkan saya untuk utak-atik program php yang dikirimkan kepada saya. Sampai jumpalitan pun saya tidak mengerti bagaimana harus memulainya karena saya tidak paham bahasa program. Akhirnya saya menyerah dan lebih baik menggunakan aplikasi buatan Bayu, via Telepon Umum meskipun Bayu tetap memberi saya semangat untuk mempelajarinya. Lalu saya mulai mencari-cari buku atau apa pun tentang bahasa program.


     Suatu saat saya terkagum-kagum melihat status facebook teman saya via Pintu Neraka Jahanam, Bawah Laut, Rumah Pak RT dan sebagainya. Kebetulan teman saya sedang mampir ke rumah. Lalu dia kasih cara membuatnya yang diambil dari situs Kaskus. Penyedia sarana itu adalah situs hancurdotcom. Saya minta teman saya membuatkan aplikasi untuk saya, via kandang Megumi Guguk. Karena aplikasi itu dibuat dengan akun teman saya maka saya tidak bisa utak-atik.
     Penasaran, akhirnya saya kembali mencoba membuat aplikasi status updater. Ternyata mudah! Saya tinggal masukkan kode-kode yang diberikan oleh situs penyedia server dengan copy paste. Saking senangnya, saya langsung membuat beberapa aplikasi. Dan juga saya memilih beberapa orang teman yang saya percaya untuk menjadi admin.Tetapi saya tidak hanya membuat aplikasi belaka. Hanya ingin aplikasi itu juga berisi tentang informasi sehingga pengguna dan pengunjung tidak bosan terutama yang tidak mau menggunakan aplikasi saya.
     Lalu tiba-tiba kebijakan facebook mengharuskan semua aplikasi harus migrasi alias pindah menjadi fans page. Saya ikuti semua kebijakan itu. Facebook menjanjikan bahwa data-data didalam page akan dikembalikan dalam waktu 7 hari setelah page dipindah. Saya merasa lega sekaligus khawatir.
     Kekhawatiran saya terbukti setelah menunggu 7 hari ternyata semua data tidak kembali. Bersabar, saya menunggu sampai seminggu, dua minggu, sebulan, dan akhirnya saya pasrah harus menerima kenyataan jika facebook tidak mengembalikan semua data didalam page aplikasi saya. Juga semua aplikasi harus melalui partner facebook yaitu herokudotcom. Selain itu saya harus terima kenyataan bahwa ternyata aplikasi tidak berjalan sehingga saya hanya diwariskan fans page kosong. 
     Geram, gemas, emosi meluap. Terlebih saat saya coba minta bantuan developer dari hancurdotcom yang ternyata mereka pun pasrah tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Kemarahan saya bukan tanpa alasan sebab di semua page aplikasi itu saya simpan informasi dan data-data yang saya kumpulkan tidak hanya sehari dua hari tetapi sampai berbulan-bulan. Juga bukan hanya saya ambil dari internet tetapi banyak yang diambil dari diktat saya sendiri. Itu semua saya buat sebagai sarana edukasi selain berbagi bersama teman-teman atau pengguna facebook. Dan juga bukan hanya iseng saja saya membuat judul aplikasi tetapi karena memang ada keinginan bagi saya untuk berbagi informasi sesuai dengan judul aplikasi itu.
     Dalam kepasrahan itu saya lihat seseorang membuat status melalui Blackberry sementara saya tahu betul bahwa orang itu tidak punya Blackberry. Kebetulan orang itu teman saya dan sering mampir juga ke rumah. Bercanda, saya tanya nomor pin BB nya. Dia cengengesan lalu melalui telepon genggamnya yang berbasis Android dia buka sebuah situs tentang aplikasi untuk menulis status via Blackberry. Dari sinilah kemudian saya mulai bersemangat lagi untuk utak-atik kembali fans page dan application page saya.
     Akhirnya setelah beberapa saat saya mencoba, semua aplikasi yang saya buat bisa berjalan kembali. Namun untuk mengisi data di fans page perlu waktu bagi saya. Yang penting aplikasi saya sudah berjalan normal. Sayangnya tidak bisa diakses melalui telepon pintar blackberry. Hanya bisa diakses dengan komputer personal atau komputer jinjing atau telepon pintar berbasis Android dengan browser yang mendukung tampilan Desktop seperti Skyfire. Bagi yang ingin mengunjungi fans page dan aplikasi membuat status buatan saya dipersilahkan.

1. Ujung Genteng
 (status updater via Androk)
https://www.facebook.com/pages/Ujung-Genteng/350054235021045

2Kandang singa
https://www.facebook.com/pages/Kandang-singa/200174703408988

3Kandang Buaya GILA
https://www.facebook.com/pages/Kandang-Buaya-GILA/213569648727115

4Fesbukan di loteng
https://www.facebook.com/pages/Fesbukan-di-loteng/313252802048671

5. Kandang Buaya Ompong
https://www.facebook.com/pages/Kandang-Buaya-Ompong/203583459733552

6. Peternakan Gajah
https://www.facebook.com/pages/Peternakan-Gajah/168726219894090

7. Lovable Cat
https://www.facebook.com/pages/Lovable-Cat/321046674584164

8. Kolong lemari
https://www.facebook.com/pages/Kolong-lemari/337665776245662

9. Tempat tersembunyi
https://www.facebook.com/pages/Tempat-tersembunyi/316641791702178

10. Rumah ULAR
https://www.facebook.com/pages/Rumah-ULAR/265675246828644

11. Perpustakaan Pribadi
https://www.facebook.com/pages/Perpustakaan-Pribadi/320914807930273

12. Planet Satwa
https://www.facebook.com/pages/Planet-Satwa/268291363232422

13Pu un kelapa
https://apps.facebook.com/iopinieafddbff

14. Opini Sayah
https://apps.facebook.com/iopinieafddbff

No comments: