Agheelz Go Blog

Hai. Selamat datang di Agheelz Go Blog. Blog ini berisi tulisan-tulisan saya, beberapa sumbangan tulisan lain dari teman-teman, saran atau ide atau pendapat dan dari kumpulan hasil berburu berita. Karena saya juga senang memotret, saya juga tampilkan hasil memotret itu kedalam blog saya. Kritik atau saran atau ide saya terima dengan tabah.

Tuesday, April 16, 2013

Bukan cacing apalagi ular naga

Sesuatu seperti cacing bergerak cepat saat keset basah yang sudah beberapa hari digeletakkan di belakang. Bagi orang awam mungkin itu dianggap cacing biasa sebab ada lagi yang bentuknya sama namun gerakannya lambat.
Reflek, kuambil yang bergerak cepat itu. Ya, itu bukan cacing tetapi ular. Saking kecilnya ular itu sampai dijuluki ular kawat atau ular cacing karena kecil seperti kawat atau cacing. Ular terkecil di dunia ini juga disebut dengan blind snake atau flower pot snake. Disebut Blind snake sebab saking kecil matanya sehingga dianggap buta. Lagipula untuk apa dia melihat jika hidupnya lebih sering didalam tanah yang pastinya gelap. Disebut Flower pot snake karena sering sekali berada didalam pot tanaman. Si ular primitif dan super kecil ini memakan telur semut atau rayap. Berbisa? Mungkin. Tetapi logikanya, bagaimana mungkin dia membahayakan manusia jika kulit manusia saja lebih tebal daripada giginya. Jadi tenang saja. Mereka tidak berbahaya buat manusia tetapi berbahaya buat rayap dan semut. Jadi secara tidak langsung, mereka membantu manusia membasmi rayap. Ya kan?
Ramphotyphlops lineatus
Klasifikasi:
Kerajaan:     Animalia
Filum:          Kordata
Subfilum:     Vertebrata
Kelas:          Reptilia
Ordo:           Squamata
Subordo:     Serpentes
Famili:         Typhlopidae
Genus:         Ramphotyphlops
Spesies:      Ramphotyphlops lineatus 
Penyebaran: Thailand, Malaysia Barat, Singapura, Indonsia (Nias, Sumatera, Jawa, Borneo)

Ramphotyphlops lineatus — MCDIARMID, CAMPBELL & TOURÉ 1999: 68

Type locality: Java

(sumber data: http://reptile-database.reptarium.cz/species?genus=Ramphotyphlops&species=lineatus&search_param=%28%28search%3D%27Ramphotyphlops%27%29%29)

No comments: